Ampas Tahu Alternatif Pakan Entok

Mungkin telah sering kita mendengar tentang ampas tahu untukpakan ternak entok, ayam, bebek petelur atau untuk itik pedaging sekalipun. Namun bagaimanakah efek sebenarnya pemberian pakan alternatif berupa ampas tahu ini? Apakah memang memberikan pengaruh nyata terhadap perkembangan ternak yang dipelihara? Atau mungkin ada efek sampingnya jika diberikan sebagai makanan utama? 

Ampas Tahu Untuk Pakan Entok Dan Unggas 

Pemberian pakan yang sesuai kepada ternak memang sangat dianjurkan, demi tercapai keberhasilan dalam usaha sampingan peternakan ini. Seperti yang telah kita semua tau, bahwa anggaran biaya pakan dalam dunia ternak memang menempati urutan pertama yang paling besar, sehingga untung – rugi sebuah peternakan sangat dipengaruhi oleh manajemen pengelolaan pakan yang tepat dan sesuai.

Tak dapat dihindari, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, tentunya kita harus dapat menekan ongkos penyediaan pakan ini yaitu dengan mencari pakan alternatif yang lebih murah namun haruslah tetap memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak kita

Ampas Tahu Untuk Pakan Entok Dan Unggas 

Penggunaan ampas tahu sebagai pakan entok alternatif, memiliki beberapa keuntungan antara lain : 

Memiliki harga yang relatif lebih ekonomis dibanding bahan pakan lain
Kandungan nutrisi yang telah terolah dan masih memungkinkan untuk dimanfaatkan
Penyediaannya bisa berkelanjutan  
Dan lain – lain


Namun dibalik beberapa keuntungan tersebut, ampas tahu buat pakan entok juga memiliki beberapa kelemahan seperti hal nya bahan pakan yang lain :

Memiliki kandungan air yang besar
Mudah sekali busuk
Tidak tahan lama
Serat kasar yang dikandung masih banyak
Jika didapat dalam kondisi pamas, maka harus didinginkan dulu
Dan beberapa kelemahan yang lain

Dalam usaha sampingan peternakan, pemberian ampas tahu sebagai pakan telah dikenal sejak lama. Terutama pada usaha peternakan ternak – ternak besar, seperti sapi, kambing, babi dan lain – lain. Dan ternyata hasil yang didapatkan rata – rata cukup memuaskan, bahkan peternak sapi yang bermodal besar rela untuk membayar dimuka kepada para pengrajin tahu asalkan semua ampas tahu bisa didapatkan.

Ampas Tahu Untuk Pakan Entok Dan Unggas 

Namun bagaimana pemberian ampas tahu untuk ternak unggas, seperti entok, ayam, bebek petelur, itik pedaging dan lain lain. Apakah akan memberikan hasil yang sama?

Dibeberapa daerah, efek pemberian ampas tahu sebagai pakan ternak entok memang telah dilakukan oleh beberapa peternak. Terutama tempat ternak entok tersebut, dekat dengan pengrajin tahu. 

Pemberian ampas tahu buat pakan entok secara langsung ternyata memang memberikan pengaruh nyata, yaitu ternak entok lebih gemuk dan terlhat lebih sehat dengan bulu yang indah. Selain itu pemberian ampas tahu untuk pakan entok juga tidak mempengaruhi produksi telurnya

Namun pemberian ampas tahu yang telah basi buat pakan entok ternyata dapat berakibat fatal, bahkan jika ampas tahu tersebut telah ditumbuhi jamur, ternak entok kesayangan kita dapat terserang penyakit dan mati. Apalagi ampas tahu termasuk bhan pakan alternatif yang tidak tahan lama atau cepat busuk, untuk itu kita haruslah mencari cara mengawetkan ampas tahu. Salah satu cara mengawetkan ampas tahu adalah dengan teknik fermentasi, baik itu dengan menggunakan bakteri EM4, ragi tape atau jenis bakteri aktifator lain (dapat juga menggunakan probiotik buatan sendiri
Share:

Tidak ada komentar:

Link Vidio Tutorial Klik Gambar dibawah

Link Vidio Tutorial Klik Gambar dibawah
STARcom hadir untuk melayani anda dalam jasa servce PC, Laptop, Notebook, Printer dan pengadaa ATK. Jika anda memiliki kendala/kerusakan pada alat kerja anda anda bisa hubungi kami atau bisa datang langsung ke tempat kami.

SMK Cigembor

SMK Cigembor
Berkarya Bersama Berdaya Bersama