Tips Menentukan Ide Bisnis Kreatif Yang Prospeknya Besar Di Tahun 2019


Berbisnis saat ini sedang menjadi tren di kalangan anak muda. Supaya bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat, kita harus selalu menciptakan ide bisnis kreatif dan unik. Sebagai bahan referensi, kamu bisa melihat beberapa ide bisnis kreatif yang ada di bawah ini beserta tips supaya bisnis kreatifmu semakin maju.

Di era milenial saat ini, coba kamu perhatikan beberapa bisnis yang saat ini sedang berdiri kebanyakan dipegang oleh anak muda, baik itu bisnis kuliner, bisnis pakaian, hingga bisnis e-commerce kenamaan. Hal tersebut menandakan kalau semakin banyak anak muda yang tertarik untuk terjun dibidang bisnis ketimbang menjadi karyawan kantoran biasa. Beberapa bisnis yang banyak dijalankan anak muda adalah bisnis kreatif. Kenapa bisa disebut bisnis kreatif? Karena pada saat pembuatannya dibutuhkan kreativitas yang tinggi sehingga hasilnya memiliki nilai seni tersendiri.

Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif yang Cocok Untukmu

Dalam menentukan ide bisnis yang cocok denganmu pasti tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Agar bisa dengan segera mendapatkan ide bisnis kreatif yang sesuai, ada baiknya kamu membaca dulu beberapa tips yang diberikan TimiKimi ini, yaitu:

Lakukan Riset Pasar

Tips yang pertama adalah lakukan riset pasar. Riset ini bisa dilakukan secara offline atau online. Untuk cara offline, kamu bisa berkunjung langsung ke gerai atau toko-toko kekinian yang menawarkan barang-barang unik dan kreatif. Lebih bagus lagi kalau kamu mendatangi pameran industri kreatif supaya bisa mengetahui ide bisnis kreatif apa yang kira-kira cocok denganmu.

Cari yang Sesuai dengan Minat

Berhubung untuk menciptakan produk bisnis kreatif ini dibutuhkan kreatifitas yang tinggi, kamu harus mencari yang sesuai dengan minatmu. Jangan sampai hanya karena ide bisnis kreatif yang kamu ambil ini sedang jadi tren sementara kamu sendiri tidak terlalu suka, maka lebih baik untuk mencari ide bisnis kreatif lain yang sesuai minatmu sehingga kamu bisa menjalaninya juga sebagai hobi yang menghasilkan uang.

Cobalah Berpikir Out of The Box

Terlahirnya ide bisnis kreatif yang sudah ada saat ini tak lepas dari orang-orang yang selalu berpikir out of the box. Coba saja kamu lihat bisnis ojek online yang pada awalnya merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan, tapi karena sang pemilik berpikir out of the box dan gigih untuk mendirikan usaha ojek online tersebut, maka hingga saat ini bisnisnya justru semakin berkembang pesat di Indonesia.

Jadi kalau ide bisnis kreatifmu dihasilkan dari pemikiran out of the box sehingga terdengar gila dan tidak masuk akal, maka jangan patah semangat karena siapa tahu ide bisnismu tersebut bisa mengantarkan dirimu pada kesuksesan.

Menggunakan Kekurangan Pesaing Sebagai Poin Andalan

Jika sulit untuk berpikir out of the box, kamu bisa mengambil ide bisnis kreatif dari bisnis yang sudah ada. Supaya tidak sama, maka gunakanlah kekurangan dari pesaing bisnis kreatifmu itu menjadi poin andalan dalam ide bisnis kreatif yang akan kamu jalankan nanti.

Misalkan saja, kamu tertarik untuk berbisnis es kopi kekinian, supaya tidak sama dengan yang lain, kamu bisa menghadirkan citarasa baru yang unik seperti menambahkan buah-buahan di dalamnya atau kamu bisa juga membuat kemasannya lebih unik sehingga menarik banyak orang.

Ikuti Kursus dan Pelatihan untuk Menambah Keterampilan

Namanya juga orang awam dan baru akan terjun langsung di bidang bisnis kreatif, jadi kemampuan dan keterampilan yang dimiliki sudah pasti pas-pasan, baik itu keterampilan membuat barang kreatif atau kemampuan berbinis kreatif. Oleh karena itu, kamu wajib mengikuti beberapa kursus dan pelatihan supaya keterampilan dan kemampuanmu bisa bertambah.

Ide Bisnis Kreatif yang Sedang Tren Saat Ini
Supaya kamu tidak kebingungan dalam menentukan ide bisnis kreatif yang akan dijalankan, Timi Kimi punya beberapa rekomendasi ide bisnis kreatif yang sekarang sedang menjadi tren dan banyak diminati, yaitu:

Ide Bisnis Kreatif Kerajinan Vintage dan Pop Art

Ide bisnis kreatif yang pertama adalah kerajinan vintage dan pop art. Tema vintage dan pop art saat ini memang sedang digrandrungi oleh masyarakat karena mereka ingin membuat tampilan isi rumah mereka jadi lebih instagramable seperti yang ada di kafe serta restoran ternama. Kamu bisa membuat kerajinan seperti pajangan hingga dekorasi yang bertema vintage dan pop art. Untuk menarik minat calon pembeli, jadikan pajangan tersebut sebagai dekorasi rumahmu lalu foto dan bagikan di sosial mediamu.

Ide Bisnis Kreatif Kerajinan Rotan

Jika kamu mengira bisnis kerajinan rotan sudah ketinggalan jaman, kamu salah sobat. Para pengrajin rotan selalu berinovasi untuk menjadikan hasil karya mereka memiliki nilai seni yang tinggi. Contohnya saja jika beberapa tahun yang lalu kamu hanya bisa menemukan kerajinan rotan yang berbentuk furniture saja dengan warna krem atau cokelat yang membosankan, saat ini kamu bisa menemukan kerajinan rotan dalam bentuj barang-barang fashion seperti tas dan aksesoris dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik.

Ide Bisnis Kreatif Bantal dan Boneka Karakter

Selanjutnya ada ide bisnis kreatif bantal dan boneka karakter yang juga banyak dilirik. Tapi bukankah sudah banyak yang menjual bantal dan boneka karakter? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, meski sama-sama berbisnis bantal dan boneka karakter, tapi kamu bisa membuat milikmu jadi lebih unik.

Misalkan saja bantal dan boneka karakter milikmu hanya memiliki tema makanan dan minuman saja. Meskipun ada yang berwujud tokoh atau katakter, pastinya harus ada kaitannya dengan makanan. Misalkan saja Doraemon yang sedang menyantap dorayaki.

Ide Bisnis Kreatif Bunga Kertas

Bagi kami yang sering berselancar di instagram pasti sering melihat ada teman atau kenalanmu yang berfoto dengan background bunga-bunga kertas di belakangnya. Saat ini bunga kertas memang sedang banyak diminati karena terlihat cantik saat dipotret. Ditambah lagi bunga kertas awet dan tahan lama serta warna-warnanya bisa disesuaikan dengan permintaan customer.

Ide Bisnis Kreatif Kerajinan Lukis

Terakhir ada ide bisnis kreatif kerajinan lukis yang tampaknya masih saja disukai oleh masyarakat. Tapi kali ini media lukisnya jadi lebih beragam. Beberapa kerajinan lukis yang sedang menjadi tren adalah kerajinan lukis totebag dan juga mahar pernikahan. Supaya tidak sama, kamu bisa membuat media lukis yang berbeda seperti di jam tangan, kacamata, dan lain sebagainya.
Share:

Link Vidio Tutorial Klik Gambar dibawah

Link Vidio Tutorial Klik Gambar dibawah
STARcom hadir untuk melayani anda dalam jasa servce PC, Laptop, Notebook, Printer dan pengadaa ATK. Jika anda memiliki kendala/kerusakan pada alat kerja anda anda bisa hubungi kami atau bisa datang langsung ke tempat kami.

SMK Cigembor

SMK Cigembor
Berkarya Bersama Berdaya Bersama